Evaluasi Internal PKM – KT dan GFK Universitas Narotama

   Telah dilaksanakan Evaluasi Internal PKM – KT (AI maupun GT) dan GFK Universitas Narotama pada Kamis, 10 Januari 2019 di Ruang E1.10 Plaza Gedung E Universitas Narotama.  Tujuan di selenggarakan kegiatan ini adalah sebagai pemantauan pelaksanaan PKM serta pemberian penilaian kepada tim pengusulan proposal PKM – KT (AI maupun GT) dan GFK. kegiatan Evaluasi Internal Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Narotama di ikuti 20 judul/kelomok Pengusul Proposal PKM-KT dan 5 judul/kelomok Pengusul Proposal PKM-GFK. Terdapat 5 reviewer sebagai pemantauan pelaksanaan PKM – KT dan  4 reviewer sebagai pemantauan pelaksanaan PKM – GFK serta pemberian penilaian kepada kelompok Pengusul Proposal PKM – KT (AI maupun GT) yaitu Bapak Tahegga Primanandan Al-Fath, S.H.,M.H., Ibu Immah Inayati, S.Kom,M.Kom, MBA., Ibu Fitri Rofiyarti, S.S., M.Hub.Int., Bapak Mohammad Wasil, S.Pd., M.E., dan Putri Zanufa Sari, S.E., Ak., M.S.A. Sedangkan untuk PKM – GFK yaitu Bapak Tahegga Primanandan Al-Fath, S.H.,M.H., Ibu Andini Dwi Arumsari, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog., Bapak Mohammad Wasil, S.Pd., M.E. dan Ibu Putri Zanufa Sari, S.E., Ak., M.S.A.

   Berbeda dengan kelima jenis PKM sebelumnya yang melibatkan pelaksanaan kegiatan fisik di laboratorium ataupun lapangan, PKM-AI tidak mengenal adanya kegiatan semacam itu. Jika dalam kelima jenis PKM sebelumnya, kelompok mahasiswa mengajukan Proposal kegiatan ke Ditjen Belmawa, maka untuk PKM-AI kelompok mahasiswa cukup menyampaikan karya tulis dalam bentuk artikel ilmiah  dikirimkan secara daring. Karya tersebut ditulis mengacu pada kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa yang sama (diutamakan PKM-X) . Kelompok penulis yang artikel ilmiahnya dinilai baik dan layak dipublikasikan, akan memperoleh insentif dana tunai sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah). AI akan dipublikasikan melalui e-journal Ditjen Belmawa. PKM-AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. Dengan demikian, program ini diharapkan mampu mengantarkan mahasiswa kepada keterampilan atau kemahiran menulis. Melalui kemahiran tersebut mahasiswa secara runut mampu menguraikan suatu permasalahan sehingga mendorong perlunya usaha penyelesaian atau pencarian solusi dengan tujuan tertentu, kaitannya dengan usaha-usaha yang mungkin telah dilakukan orang lain. Disamping itu mahasiswa juga mampu memilih teknik dan landasan metode penyelesaian masalah disertai dengan kemampuan menguraikan  landasan teori yang terkait dengan permasalahan   yang dibahas, serta ketajaman pembahasan dan menganalisis hasil yang diperoleh, yang akhirnya bermuara pada penyimpulan upaya penyelesaian masalah yang telah dilakukan.

  Sebagai bangsa yang besar dan mendiami daratan, lautan luas dapat dipastikan banyaknya persoalan, kebutuhan dan tantangan yang dihadapi Indonesia. Ada yang dapat diatasi dalam jangka waktu pendek akan tetapi banyak di antara persoalan, tantangan dan kebutuhan baru akan terselesaikan dikemudian hari. Sebagai mahasiswa yang merupakan bagian bangsa ini tentu wajib membantu menemukan solusi yang tepat. Apakah dalam wujud aksi berjangka waktu pendek atau pemikiran realistis yang memerlukan waktu lama. PKM-GT membuka peluang bagi mahasiswa menuangkan ide realistik kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi bangsa. Ide tersebut tidak terikat bidang ilmu, bersifat unik, realistik kreatif, visioner/futuristik dan bermanfaat sehingga kampus yang diidealisasikan sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung pandai mengungkapkan fakta sosial, dan melalui PKM-GT, level nalar mahasiswa tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi. Ide realistik kreatif dalam PKM-GT, jika diimplementasikan bisa memerlukan waktu yang lama, biaya dan sumber daya yang besar. Jadi PKM-GT tidak seperti PKM 5 Bidang yang dapat diselesaikan dalam waktu 3-5 bulan. Ringkasnya bahwa PKM-GT adalah konsep perubahan atau pengembangan yang bersifat futuristik, realistik dan jangka panjang. Ide realistik tetapi dapat diselesaikan dalam waktu pendek, bukan PKM-GT tetapi salah satu dari 5 PKM.

   SDGs 2015-2030 (//www.un.org/sustainabledevelopment/) sebagaimana telah disinggung sebelumnya dalam Kata Pengantar menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan yang wajib ditaati semua bangsa dan negara di dunia. Indonesia tanpa kecuali juga wajib mewujudkannya. Isu yang terangkum dalam 17 tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut menjadi acuan utama dalam pemilihan topik PKM-GFK. Namun, keprihatinan bangsa Indonesia juga dapat menjadi acuan lainnya yang sudah barang tentu tidak kalah pentingnya. Era digital tidak dapat dihindari, oleh karenanya harus dinikmati dan dimanfaatkan. Demikian pula halnya dengan PKM-GFK yang didesain dan diekspos melalui media masa YOU TUBE. Sementara jenis media sosial seperti instagram, facebook dan lain-lainnya, untuk sementara waktu tidak digunakan. PKM-GFK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tatakelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia. [Kmh]

   Foto : Mahasiswa Universitas Narotama saat mengikuti Evaluasi Internal PKM – KT (AI maupun GT) dan GFK Tahun 2019, (10/1/19).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *