UKM Nunchaku

UKM Nunchaku

Pembina UKM  : Agung Purwantoro

Nunchaku (Jepang: ヌンチャク Hepburn:? Nunchaku, sering “nunchucks” dalam bahasa Inggris) adalah senjata tradisional Okinawa terdiri dari dua tongkat terhubung pada salah satu ujungnya dengan rantai pendek atau tali. Di zaman modern nunchaku yang dipopulerkan oleh Bruce Lee dan Dan Inosanto dalam film mereka.dari bahasa Ryukyu Jepang. Asal usul kata ini tidak jelas. Satu teori adalah bahwa hal itu berasal dari pengucapan karakter Cina 两 节 棍 (sejenis Cina dua staf bagian tradisional) dalam dialek Fujian Selatan bahasa Cina. [1]

Dalam bahasa Inggris nunchaku sering disebut sebagai “nunchucks” atau “nunchuks” [2] The “nunchuk” variasi digunakan dalam bahasa Inggris sebagai nama konsol Wii Wii Nunchuk kontroler..
Origins

Hyoshiki (kentungan kayu)
Salah satu kepercayaan populer adalah bahwa nunchaku awalnya pendek memukul Asia Tenggara [3] digunakan untuk padi mengirik atau kedelai (yaitu, memisahkan gandum dari sekam). Hal ini memunculkan teori bahwa nunchaku awalnya dikembangkan dari kuda bit Okinawa (Muge), atau bahwa nunchaku diadaptasi dari sebuah genta kayu yang disebut hyoshiki [4] dibawa oleh penjaga malam desa, terbuat dari dua balok kayu bergabung dengan kabel , jam malam akan memukul balok kayu bersama-sama untuk menarik perhatian orang dan kemudian memperingatkan mereka tentang kebakaran dan bahaya lainnya. [5]
Namun demikian, yang menghubungkan nunchaku dan senjata Okinawan lainnya dengan petani pemberontak mungkin merupakan bagian dari citra romantis. Seni bela diri di Okinawa dipraktekkan secara eksklusif oleh aristokrasi (kazoku) dan “melayani bangsawan” (shizoku) tetapi dilarang kalangan jelata (heimin). Selanjutnya, Okinawa perlucutan senjata tidak pernah total;. Bangsawan masih diizinkan untuk membawa pedang dan anggota keluarga kerajaan dan pangeran mereka bahkan diizinkan untuk memiliki senjata api untuk berburu [6] Apapun asal-usulnya itu, para nunchaku tidak senjata populer, dibuktikan oleh fakta bahwa tidak ada dikenal kata tradisional (gerakan latihan koreografer) untuk nunchaku ada. Ini mungkin akibat dari kurangnya efisiensi terhadap senjata seperti pedang.
Menurut cerita rakyat Cina, nunchaku adalah variasi dari staf dua bagian [7].
Parts [sunting]

Himo: tali yang menghubungkan dua pegangan dari beberapa nunchaku.
Ana: lubang pada kontoh setiap pegangan untuk Himo untuk melewati, hanya nunchaku yang dihubungkan oleh Himo memiliki ana.
Kusari: rantai yang menghubungkan dua pegangan dari beberapa nunchaku.
Kontoh: bagian atas setiap pegangan disebut kontoh dan jika ada lubang untuk tali untuk pergi melalui yang disebut ana.
Jukon-bu: daerah atas pegangan.
Chukon-bu: bagian tengah pegangan.
Kikon-bu: bagian bawah pegangan.
Kontei:. Bagian bawah pegangan [8]

Bagian dari nunchaku

The kusari (rantai) yang digunakan untuk menghubungkan dua bagian nunchaku tersebut.

Kikon-bu, bagian bawah dari satu pegangan dari nunchaku menunjukkan bagian bawah pegangan kontei.

Jukon-bu, bagian atas nunchaku, menunjukkan bagian atas pegangan kontoh dan kusari (rantai) yang menghubungkan dua pegangan atau bagian dari nunchaku tersebut.

 

Close up gambar kontoh (atas) dari dua nunchaku menunjukkan kusari (rantai) pada satu dan yang lain menunjukkan Himo (tali) dan ana (lubang) bahwa Himo melewati.

Konstruksi

nunchucks jarang terbuat dari nilon padat, aluminium berongga, dan logam padat

Nunchaku dua bagian kayu yang dihubungkan dengan kabel (Himo) atau rantai (kusari), meskipun varian mungkin termasuk bagian tambahan dari kayu dan rantai. Di Cina, tongkat mencolok disebut “naga tongkat” (“é¾™ 棍”), sementara gagangnya yang disebut “Yang tongkat” (“阳 棍”). Nunchaku Cina cenderung bulat, sedangkan versi Okinawa memiliki oktagonal penampang (memungkinkan satu tepi nunchaku untuk membuat kontak pada target peningkatan kerusakan yang ditimbulkan). Panjang ideal masing-masing bagian harus cukup panjang untuk melindungi lengan ketika diselenggarakan di pegangan tinggi di dekat bagian atas poros. Kedua ujung biasanya dengan panjang yang sama, meskipun asimetris nunchaku ada. Panjang ideal untuk tali / rantai yang menghubungkan hanya cukup untuk memungkinkan pengguna untuk berbaring di atas nya atau telapak tangannya, dengan tongkat tergantung nyaman dan tegak lurus ke tanah. Keseimbangan berat sangat penting, lebih murah atau menarik perhatian nunchaku (seperti yang glow-in-the-dark) sering tidak benar seimbang, yang mencegah pelaku dari melakukan ‘rendah-grip’ bergerak lebih maju dan cemerlang, seperti tinju twirls . Berat harus seimbang ke arah tepi luar dari tongkat untuk kemudahan maksimum dan kontrol dari busur ayunan.
Nunchaku tradisional terbuat dari kuat, kayu fleksibel seperti oak, loquat atau pasania. Awalnya, kayu akan tenggelam dalam lumpur selama beberapa tahun, di mana kekurangan oksigen dan keasaman optimal mencegah membusuk dan menyebabkan kayu mengeras. Tali terbuat dari bulu kuda. Akhirnya, kayu sangat halus diampelas dan digosok dengan minyak atau noda untuk pengawetan. Hari ini, nunchaku tersebut sering dipernis atau dicat untuk tujuan tampilan. Praktek ini cenderung mengurangi grip dan membuat senjata sulit untuk menangani, sehingga tidak disarankan untuk senjata tempur.
Modern nunchaku dapat dibuat dari bahan yang cocok, seperti kayu, logam, atau plastik hampir semua, fiberglass atau zat keras lainnya. Mainan dan praktek nunchaku biasanya ditutupi dengan busa untuk mencegah cedera diri atau cedera lain. Hal ini tidak jarang melihat nunchaku modern yang dibuat dari logam ringan seperti aluminium. Setara modern tali adalah tali nilon atau rantai logam pada bola bantalan sendi. Nunchaku sederhana dapat dengan mudah dibangun dari pena kayu dan panjang pendek rantai.
The Nunchaku-Do olahraga, diatur oleh Nunchaku World Association, mempromosikan hitam dan kuning Styrofoam nunchaku. Berbeda tersedia plastik pelatihan nunchaku, perangkat yang mereka promosikan adalah benar seimbang.
Ada beberapa alternatif nunchaku, dibuat semata-mata untuk olahraga seperti:
Pemeras (nunchaku dengan tajam atau tumpul pisau cukur) dan tajam (nunchaku dengan kuku) digunakan sebagai komponen dari pelatihan dasar dan Program penjurian (Program Verhille) dalam bahasa Perancis nunchaku de combat. [9]
Glow-Chucks, dilakukan baik dengan fiberglass dan berwarna terang dipasang di bantalan bola atau tape neon melilit tongkat,
Penchaku atau “Prochux”, yang bercahaya tongkat Lissajous-do yang tersedia untuk pertunjukan seni. Ini lebih berwarna dan kadang-kadang neon dengan anatomi dimodifikasi yang mendukung kontrol dalam biaya listrik, mereka memiliki panjang lagi tongkat dan tali sangat pendek. Ide ini didasarkan pada model matematika, kurva Lissajous, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan bentuk mengalir terus menerus.
“SPEEDCORD”, versi baru dari kabel dan bantalan Nunchaku disebut NEO SPEEDCORD dan NEON SPEEDCORD Nunchaku, Cepat ringan murni gaya bebas atau demonstrasi jenis nunchaku [10] dan [11].
Ada juga beberapa jenis nunchaku dengan tidak menggunakan sportif dicatat, seperti:
nunchaku dengan pisau, nunchaku dengan cabang logam dengan pisau tersembunyi di ujung masing-masing cabang. [12]
Teleskopik nunchaku, nunchaku dengan ditarik logam tongkat.
Gaya Formal [sunting]

Nunchaku yang paling sering digunakan di Okinawa Kobudo dan karate, tetapi juga digunakan dalam Eskrima (tepatnya, Tabak-Toyok, yang serupa meskipun senjata Filipina yang berbeda digunakan, sebagai lawan dari Okinawa nunchaku), dan di Korea Hapkido. Penerapannya berbeda dalam masing-masing gaya. Bentuk tradisional Okinawa menggunakan tongkat terutama untuk pegangan dan kunci. Seniman bela diri Filipina menggunakannya dengan cara yang sama mereka akan memegang tongkat, begitu mencolok diberikan diutamakan. Sistem Korea menggabungkan bergerak ofensif dan defensif sehingga kedua kunci dan pemogokan diajarkan. Nunchaku sering senjata pertama yang dikerahkan oleh mahasiswa, untuk mengajarkan pengendalian diri, dan postur tubuh, sebagai senjata yang bertanggung jawab untuk memukul wielder lebih dari lawan jika tidak digunakan dengan benar.
Nunchaku biasanya memegang tunggal tetapi mereka juga dapat dipasangkan. Hal ini dapat berbalik, dengan menggunakan pegangannya mengeras untuk benda tumpul serta membungkus rantai di seluruh senjata menyerang untuk melumpuhkan atau melucuti lawan. Pelatihan Nunchaku telah dicatat untuk meningkatkan kecepatan tangan, postur tubuh yang benar, dan kondisi tangan praktisi sehingga membuat senjata pelatihan yang bermanfaat.
Ada beberapa disiplin ilmu yang menggabungkan nunchaku dengan teknik bersenjata:
Mouhébong Taekwondo menggabungkan Korea nunchaku dengan taekwondo. [13]
Nunch-Tinju menggabungkan nunchaku dengan menendang dan memukul teknik. Nunch-Tinju sendiri merupakan bagian dari luas Nenbushi disiplin. [14]
Nunchaku en Savate menggabungkan teknik Savate dengan nunchaku. [15]
Freestyle [sunting]

Freestyle nunchaku adalah gaya modern performance art menggunakan nunchaku sebagai alat visual daripada sebagai senjata. Dengan prevalensi tumbuh dari Internet ketersediaan nunchaku telah meningkat sangat, menggabungkan ini dengan popularitas situs berbagi video lainnya banyak orang telah menjadi tertarik untuk belajar bagaimana menggunakan senjata untuk freestyle display. Freestyle adalah salah satu disiplin kompetisi yang diadakan oleh Nunchaku World Association. Beberapa seni bela diri modern yang mengajarkan penggunaan nunchaku karena dapat membantu siswa meningkatkan refleks mereka, kontrol tangan, dan keterampilan lainnya.
Sporting asosiasi [sunting]

Sejak 1980-an, ada berbagai asosiasi olahraga internasional yang mengatur penggunaan nunchaku sebagai olahraga kontak [16] [17] asosiasi Lancar. Biasanya memegang perkelahian semi-kontak di mana serangan berat dilarang sebagai lawan untuk menghubungi perkelahian. Pertandingan penuh Nunch, di sisi lain, keterbatasan bebas pada tingkat keparahan serangan dan knockout diperbolehkan. [18]
The Amerika Utara Nunchaku Association didirikan pada tahun 2003 di California, Amerika Serikat oleh Sensei Chris Pellitteri. NANA mengajarkan semua aspek dari nunchaku, tradisional dan gaya bebas: tunggal dan ganda.
Dunia Amatir Nunchaku Organization (Wano): Didirikan oleh Pascal Verhille di Perancis pada tahun 1988.
Fédération Internationale de Nunchaku de Tempur et Artistique (FINCA): Didirikan oleh Raphaël Schmitz di Perancis pada tahun 1992, sebagai penggabungan dibubarkan asosiasi Wano dan FFNS (Fédération Française de Nunchaku Sportif). Namanya sekarang adalah Fédération Internationale de Nunchaku, Combat complet et Arts Martiaux modernes et affinitaires (FINCA) [19] Sebuah pertarungan dengan aturan FINCA berlangsung 2 x 2 menit.. Tidak perlu mengubah baik cabang nunchaku atau tangan sebelum memukul, hanya penyembuhan yang benar diminta. Tidak ada berhenti selama pertarungan kecuali dalam kasus kehilangan, mengangkat atau denda.
Asosiasi Nunchaku Dunia (WNA): Didirikan oleh Milco Lambrecht di Belanda pada tahun 1996 [20] Mereka menggunakan kuning dan hitam plastik berat badan seimbang pelatihan nunchaku dan pelindung kepala.. Mereka memiliki sistem sabuk warna sendiri di mana satu mendapatkan garis-garis warna pada sabuk daripada menggunakan sabuk berwarna sepenuhnya. Satu sisi sabuk berwarna kuning, dan hitam lainnya, sehingga dalam sebuah kompetisi, lawan dapat dibedakan dengan sisi terlihat sabuk. WNA aturan berjuang sesuai dengan kumite subbagian dari Nunchaku-do disiplin [21] Ini adalah 2-menit “sentuhan pertarungan” di mana kemampuan teknis sangat penting.. Setelah mencetak gol masing-masing titik, pertarungan berhenti dan para pejuang mengambil kembali posisi awal mereka.
Asosiasi Internasional Techdo Nunchaku (itna): Didirikan oleh Daniel Althaus di Swiss pada tahun 2006. Itna aturan pertarungan berlangsung 2 × 2:30 menit. Tidak ada berhenti selama putaran, kecuali dalam kasus kehilangan, mengangkat atau denda. Antara dua serangan, pesawat tempur harus mengubah tangan dan cabang nunchaku sebelum memukul lagi, kecuali jika dia melakukan blok.
Legalitas [sunting]

 

Di antara varian nunchuck paling berbahaya adalah mereka terdiri dari batang logam padat, yang ditampilkan di sini terputus
Memiliki nunchaku adalah ilegal atau nunchaku didefinisikan sebagai senjata di sejumlah negara termasuk Norwegia, Kanada, [22] [23] Rusia, Polandia, Chili dan Spanyol. Di Jerman, nunchaku telah ilegal sejak April 2006, ketika mereka dinyatakan senjata mencekik [24] [25].
Di Inggris selama bertahun-tahun ia berpikir hukum bagi siapa pun yang berusia di atas 18 untuk membeli dan memiliki nunchaku, meskipun kepemilikan publik tidak diperbolehkan kecuali mengangkut antara tempat pelatihan atau alamat pribadi. Namun, setelah kasus yang dibawa oleh Polisi Strathclyde dan Fiskal Kejaksaan terdengar di Glasgow Sheriff Court pada 10 Februari 2010, Sheriff memutuskan bahwa nunchaku jatuh ke dalam kategori senjata dilarang seperti yang didefinisikan oleh Undang-Undang Hukum Pidana 1988 (Senjata Serangan) Orde 1988 Bagian 141 (n). The nunchaku tersebut kemungkinan besar berhubungan dengan jenis telescoping menangani dengan yang sheriff telah salah dinilai tidak tongkat diupgrade karena tidak ada menyebutkan nunchaku dalam hukum dinyatakan.
Penggunaan mereka, pada 1990-an, disensor dari UK rebroadcasts TV anak-anak Amerika yang menunjukkan seperti Teenage Mutant Ninja Turtles kartun dan film. [26] Inggris versi Jiwa pisau videogame juga diedit, menggantikan nunchaku Li-Long dengan tiga Staf-belah. Di Hong Kong, adalah ilegal untuk memiliki logam atau kayu nunchaku dihubungkan dengan rantai. Hal ini dapat dimiliki dengan mendapatkan izin dari polisi sebagai instruktur seni bela diri. Setiap nunchaku karet diperbolehkan. Namun, kepemilikan nunchaku di Daratan China adalah legal.
Legalitas di Australia juga ditentukan oleh undang-undang negara individu. Di New South Wales, senjata ada dalam daftar senjata terbatas, dan dengan demikian hanya dapat dimiliki dengan izin.
Legalitas di Amerika Serikat bervariasi pada tingkat negara, misalnya, kepemilikan pribadi nunchaku adalah ilegal di New York, [27] Arizona, [28] California, [29] dan Massachusetts, [30] tetapi dalam kepemilikan negara-negara lain belum dikriminalisasi . Namun, California telah membuat pengecualian untuk sekolah seni bela diri profesional dan praktisi. [31] Di New York, pengacara Jim Maloney telah membawa tantangan konstitusional federal untuk undang-undang yang mengkriminalisasi sederhana di rumah kepemilikan nunchaku untuk digunakan damai di seni bela diri praktek atau hukum pertahanan rumah. Pengadilan menolak klaim Amandemen Kedua Maloney berdasarkan hukum kasus sebelumnya bahwa Amandemen Kedua diterapkan hanya untuk tindakan federal, dan keputusan itu ditegaskan oleh Amerika Serikat Pengadilan Banding untuk Sirkuit Kedua. Namun, pada tanggal 29 Juni 2010, Mahkamah Agung AS diberikan surat perintah certiorari, dikosongkan keputusan Sirkuit Kedua dan mengirimkannya kembali untuk “pertimbangan lebih lanjut” dalam terang keputusan Mahkamah Agung di McDonald v Chicago, yang menyatakan bahwa hak seseorang untuk “menjaga dan menanggung lengan” dilindungi oleh Amandemen Kedua dibuat berlaku untuk negara-negara dengan Klausul Proses Karena dari Amandemen keempatbelas. [32]
Dalam budaya populer [sunting]

Nunchaku telah menjadi senjata yang populer dalam film yang berhubungan dengan seni bela diri, terutama dipopulerkan dalam budaya modern melalui Bruce Lee film. The nunchaku dapat dilihat dalam berbagai jenis media.
The American acara TV Deadliest Warrior, episode “Yakuza vs Mafia” menunjukkan Yakuza itu senjata jarak pendek sebagai sepasang nunchaku di mana ia diuji terhadap senjata mafia pendek berkisar, tongkat baseball.
Amerika serial animasi Teenage Mutant Ninja Turtles, persenjataan tanda tangan Michelangelo adalah nunchaku tersebut.
Dalam serial televisi Charmed, Billie Jenkins sering digunakan untuk berlatih dengan nunchaku terbuat dari logam.
Bruce Lee menggunakan nunchaku dalam film-filmnya termasuk Fist of Fury, Game of Death, Jalan Naga, dan Enter the Dragon.
Casey Rhodes, Jungle Fury Red Ranger, digunakan sepasang nunchaku disebut “Junglechucks” di Power Rangers Jungle Fury.
Ini adalah cuplikan dari Juken Sentai Gekiranger. OhYellow Chōriki Sentai Ohranger juga digunakan nunchucks, tapi rekaman itu berat diedit bila digunakan dalam Power Rangers Zeo.
The Nunchaku yang jelas digunakan dalam video game, terutama game fighting:
Johnny Cage dan Liu Kang Mortal Kombat dan Kim Wu dari Naluri telah memegang nunchaku sebagai gaya senjata mereka. Yang terakhir ini pas mengingat karakter terinspirasi oleh Bruce Lee.
Maxi dan Li-Long dari Seri Jiwa permainan pertempuran senjata berbasis selalu menggunakan berbagai nunchaku.
Nintendo Wii memiliki lampiran Wii remote disebut “Nunchuk” karena penampilannya ketika terpasang menyerupai nunchaku tersebut.
Selphie Tilmitt dalam Final Fantasy VIII wields nunchaku dalam pertempuran.
Ling Tong dari Dynasty Warriors 5 dan 7 juga digunakan Nunchaku sebagai senjata utamanya. Seperti di 7, itu adalah senjata EX sementara di 5, itu adalah senjata utamanya.
Di Lego Ninjago, senjata emas petir adalah nunchaku, yang digunakan oleh Jay.
Dalam komik, Marvel superheros Daredevil dan Bulan Ksatria sering menggunakan nunchaku tersebut. Teenage Mutant Ninja Penyu Michelangelo menggunakan sepasang nunchaku, fitur yang paling membedakan dalam buku-buku sebelum seri telah diadaptasi menjadi sebuah kartun memberinya tanda tangannya oranye bandana.
Dalam animasi, Panthro, sebuah Thunderian dari “ThunderCats” serial animasi menggunakan sepasang nunchaku.
Mungkin Guy dari seri Naruto menggunakan nunchaku sebagai senjata, seperti halnya muridnya Rock Lee – sebuah penghargaan untuk Bruce Lee dan ia menggunakan senjata.
Amerika gitaris Buckethead dikenal untuk melakukan nunchaku dan muncul di tengah-tengah set nya.
Amerika seniman bela diri Romeo Magruder dikenal untuk melakukan kembali ganda sandal sambil mengelola untuk berputar nunchaku di sekelilingnya. Dia baru-baru ini mengangkat 5.000 dolar untuk rumah sakit anak-anak suatu Arizona melakukan akrobat ini di CBS 5 KPHO.
Australasia Tai Chi Instruktur Brendon Gan-Le menggunakan nunchaku untuk mengajar murid-muridnya seni gerak maju.
Rapper Tyler Pencipta dan penyanyi Frank Samudera berkolaborasi pada lagu berjudul ‘Dia’. Mereka merujuk pada penggunaan nunchaku dan Shuriken
Dalam film Napoleon Dynamite, Napoleon karakter mengklaim memiliki kesulitan pas nunchaku ke dalam lokernya.
Dalam film Black Dynamite, karakter Black Dynamite menggunakan nunchaku untuk melawan rekan karakter Chicago Win

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *