UKM Radio Nar Channel 95,6 Fm

UKM Radio Nar Channel 95,6 Fm

Pembina UKM      : TISYANI FEIDIATY, SE

wakil                         : Annisa Rosita, SH.

RADIO ANNOUNCER

Hampir semua MC di kegiatan on air dan off air dan muncul di TV mengawali karier sebagai radio announcer, bahkan ketika banyak diantara mereka telah menjadi presenter atau MC handal, kegiatan menjadi penyiar radio tak pernah mereka tinggalkan karena memiliki keasyikan tersendiri. Menjadi penyiar radio akan menghantarkan Anda kepada teknik vokal yang prima, permainan emosi yang mendalam, kemampuan verbal (lingusitik) yang matang. Training Indonesia menyajikan konsep pelatihan untuk para calon penyiar radio dan tim trainer yang pasti telah Anda kenal, bahkan mungkin menjadi idola Anda. Menjadi penyiar radio bersama idola Anda akan menjadi kenyataan hanya di Tranining Indonesia.

MATERI PELATIHAN

Materi Pelatihan meliputi teori dan praktik. Materi pokok di bawah ini bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta selama pelatihan.

  1. Basic Announcing –dasar-dasar siaran radio, pemahaman media radio (sejarah ringkas, karakter radio, karakter pendengar, struktur organisasi radio, dll.
  2. Radio Tools –pengenalan dan penguasaan alat-alat siaran di studio, mulai dari mixer, feedder, teknik mikrofon, hingga headphone.
  3. Radio Programming — pemrograman atau penyusunan acara-acara siaran radio sekaligus pemahaman bahwa siaran radio tidak sendirian dan “tidak bisa seenaknya”.
  4. Radio Production – produksi siaran, memahami tata cara produksi siaran, tugas produser, kerja sama produser dan penyiar.
  5. Teknik Vokal –teknik mengolah vokal atau mengeluarkan suara terbaik, termasuk teknik pernafasan
  6. Teknik Dasar Siaran  –wawasan dan keterampilan dasar: siaran kata dan siaran musik; siaran hiburan dan siaran berita.
  7. Teknik Siaran Solo –siaran solo, tata cara siaran sendiri, persiapan, mengatasi grogi, tips agar siaran bermutu, berkualitas, disukai pendengar.
  8. Teknik Siaran Couple — teknik siaran duet (couple), siaran berdua atau bertiga, biar kompak dan seru.
  9. Teknik Siaran Talkshow –teknik siaran talkshow (wawancara), obrolan, atau bincang-bincang (chat show) dengan narasumber, persiapan, teknik bertanya, melibatkan pendengar, dll.
  10. Teknik Siaran Berita — teknik membawakan acara berita (news program), yaitu cara menyampaikan atau membacakan berita  (news presenting/news reading) yang baik, taat kode etik jurnalistik, meyakinkan, mempengaruhi, tanpa kehilangan unsur hiburan.
  11. Teknik Siaran Langsung –teknik live reporting (reportase langsung di lapangan)
  12. Teknik Siaran Request –teknik siaran acara musik atau pemutaran lagu yang berkualitas, tidak sekadar putar lagu dan baca SMS atau terima telefon.
  13. Script & News Writing — Teknik menulis naskah berita sekaligus kiat menyiapkan informasi aktual untuk program siaran berita.
  14. Copy Writing –Teknik menulis naskah iklan sekaligus wawasan tentang pembuatan iklan di radio –Ad Libs, Spot, Program Expose, dll.

Akan diberikan juga materi kode etik siaran dan jurnalistik radio (broadcast journalism) yang jarang diketahui dan dipahami oleh banyak penyiar radio di Indonesia.

Organisasi Amatir Radio Indonesia, disingkat ORARI, adalah satu-satunya wadah bagi amatir radio di Indonesia. Organisasi ini resmi berdiri pada 9 Juli 1968 atas dasar Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1967. Hingga tahun 2006, ORARI telah memiliki 31 ORARI Daerah dan 367 ORARI Lokal yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia. Detail terbentuknya ORARI dapat dibaca pada Sejarah ORARI

ORARI adalah bagian dari International Amateur Radio Union (IARU) yang merupakan Organisasi Amatir Radio Dunia, karena kegiatan Amatir Radio adalah berskalaInternasional.

Ketentuan yang mengatur kegiatan Amatir Radio diatur pula dalam Radio Regulation yang di keluarkan oleh International Telecommunication Union (ITU)

Amatir Radio adalah setiap orang yang mempunyai hobi dalam bidang Teknik elektronika radio dan komunikasi serta secara sukarela bersedia mengabdi kepada bangsa dan masyarakat.

Para amatir radio sedunia sadar bahwa kegiatan ini harus dilakukan secara tertib dan benar menurut kaidah hidup manusia dan peraturan yang berlaku secara internasional dan nasional oleh karena itu dalam melakukan kegiatannya mereka mempunyai dan berlandaskan KODE ETIK AMATIR RADIO.

Sejak keberadaannya di Indonesia pada awal tahun 1925, Amatir radio Indonesia telah banyak membaktikan diri kepada bangsa, baik sebagai media perjuangan mempersiapkan dan merebut serta mengisi kemerdekaan, maupun memberikan konstribusi pemikiran dan gagasan baik yang bersifat teknik maupun regulasi serta melakukan operasi penanggulangan bencana serta dukungan komunikasi bukan dalam keadaan bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *