UKM Tetada Indonesia

TETADA INDONESIA

Pembina  UKM      :  IMAM SETIAWAN

Ilmu Tenaga Dalam adalah merupakan salah satu peninggalan para leluhur bangsa Indonesia, yang kemudian oleh Ir. Eddy Surohadi diciptakan suatu metode yang praktis dan moderat.

Ir. Eddy Surohadi, sebagai Pencipta Metode Keilmuan Tetada Kalimasada, berangkat dari bekal yang diperoleh dari orang tua serta pengalamannya menggeluti berbagai keilmuan tenaga-dalam ditambah masukan dari adik-adiknya serta dukungan istri tercintanya Dr. Ida Surohadi Sp.KK, itu semua merupakan bekal bagi Ir. Eddy Surohadi guna mewujudkan cita-citanya dalam menciptakan suatu metodelogi keilmuan tenaga-dalam. Dengan terus bermunajad kepada Tuhan YME akhirnya terwujudlah suatu metodelogi keilmuan tenaga-dalam yang praktis dan moderat dengan menghindari hal-hal yang berbau mistik dan syirik

Metodelogi keilmuan ini kemudian diberinya nama KALIMASADA, yang kemudian diturunkan dan dipelajari oleh istri dan adik-adiknya. Istri dan adik-adiknya inilah yang menjadi murid-murid pertamanya. Diantara ketujuh adik-adiknya tersebut, yang paling menguasai keilmuan tenaga-dalam Kalimasada adalah adik keenamnya yaitu Drs.Ec. Joko Heruroso dan istrinya tercinta Dr. Ida Surohadi Sp.KK. Kedua orang inilah yang terus aktif ikut membantu dan mengembangkan organisasinya yang diberi nama Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam TETADA KALIMASADA.

Pengenalan keilmuan TETADA KALIMASADA kepada masyarakat luas dilakukan pada acara Ujian Anggota Perdana yang pertama yang dilaksanakan di ELMI Hotel Surabaya pada tanggal 24 Nopember 1991. Tanggal inilah yang akhirnya diperingati setiap tahun sebagai berdirinya TETADA KALIMASADA INDONESIA.

Pada saat Ir. Eddy Surohadi memprakarsai berdirinya lembaga ini, disamping istri dan adik-adiknya diajaknya teman-teman terdekatnya untuk bergabung. Pada waktu itu lembaga yang didirikan tersebut menitik beratkan kegiatannya pada keilmuan beladiri tenaga dalam, dengan nama yang pertama kali diberikan adalah Lembaga Pengembangan Ilmu Beladiri Tenaga Dalam KALIMASADA.

Namun dalam perjalanannya mengembangkan keilmuan ini, orientasi pelatihannya bergeser dan lebih banyak menitik beratkan pada bidang terapi untuk kesehatan, sehingga pada tanggal 25 Desember 1992 terjadi perubahan nama lembaga menjadi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam KALIMASADA.

Sejak menjadi olahraga untuk terapi, Kalimasada berkembang semakin pesat, dan pada acara temu nasional Kalimasada, yang bertempat di Gedung Go Skate Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1994 diresmikanlah nama Kalimasada yang baru yaitu Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam TETADA KALIMASADA.

Sejak awal berdirinya Tetada Kalimasada banyak didukung oleh kalangan medik dan kalangan medik inilah yang banyak membantu memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan terapi kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *